Sabtu, 18 Desember 2010

Salah Satu Modal Utama Berbisnis Internet

Ada satu modal yang sangat menentukan dalam bisnis di internet, apakah itu?

Kepercayaan!

Inilah modal utama yang membuat bisnis internet anda sukses atau tidak. Seperti anda tahu, kebanyakan transaksi bisnis internet tidak dilakukan dengan tatap muka langsung. Tapi cukup lewat internet.

Tanpa terbangunnya sikap percaya, mustahil bisnis internet anda bisa jalan. Sebab, para konsumen menaruh tanda tanya besar pada bisnis internet yang anda jalankan. Mereka enggan berbisnis dengan anda.

Bayangkan kalau anda sendiri yang tidak memiliki rasa percaya itu. Bagaimana rasanya? Apakah hubungan anda dengan pihak yang tidak anda percayai bisa berjalan dengan baik? Apakah komunikasi yang anda lakukan bisa jalan dengan baik? Apakah anda merasa nyaman dengan situasi seperti itu? Atau justru itu membuat hidup anda terasa menyesakkan karena selalu dipenuhi situasi penuh curiga.

Kepercayaan itu vital, rekan-rekan! Apalagi dalam bisnis. Dalam bisnis, penjualan bisa terjadi setelah melewati empat tantangan di sisi konsumen. Apa itu?

  1. Tidak butuh
  2. Tidak ada uang
  3. Tidak ingin
  4. Tidak percaya

Ketika konsumen mengalami tiga kondisi teratas, penjualan masih mungkin terjadi. Tapi ketika poin nomer empat yang dialami konsumen, maka habislah. Sekalipun mereka butuh, sekalipun mereka punya uang, sekalipun mereka menginginkan produk anda, tapi bila mereka tidak mempercayai anda, mereka tidak akan membeli dari anda.

Mereka paham dengan merusak kepercayaan khalayak pada seseorang, maka tamatlah riwayatnya. Kalau web yang di-hack, masih bisa diperbaiki. Tapi kalau nama baik yang dirusak, maka bisnisnya bisa runtuh. Ketika orang sudah tidak percaya lagi pada anda, maka habislah segalanya.

Tapi menggapai tujuan sempit dengan cara demikian tentu tidak akan pernah mendatangkan kebaikan. Ketika sejak awal yang ditanam adalah keburukan, pasti buahnya pun tidak jauh dari keburukan.

Itulah mengapa kredibilitas dalam bisnis sangat penting. Perusahaan-perusahaan dan para pebisnis berinvestasi sangat besar tidak lain demi menjaga kepercayaan konsumen. Karena para pebisnis sangat sadar, ketika rasa tidak percaya yang terjadi, biayanya akan sangat besar. Butuh waktu dan dana yang tidak sedikit untuk mengembalikan nama baik.

Sekalipun mungkin anda punya produk terbaik, layanan yang mengagumkan, harga yang kompetitif, dan segunung testimoni, tapi tanpa punya kredibilitas, bisnis anda akan sulit berumur panjang.

Salam Sukses...

Mitra Pulsagram

0 komentar:

Posting Komentar